Ajaran Baru, Politeknik Sediakan 80 Beasiswa POLIBARA

Politeknik Banjarnegara menyediakan dan telah menyalurkan berbagai jenis beasiswa dan bantuan pendidikan secara rutin kepada mahasiswanya yang bersumber dari pemerintah, Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis), internal Politeknik Banjarnegara serta pihak swasta.

Untuk tahun ajaran 2015 mendatang, selain program beasiswa Bidikmisi dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti), Politeknik Banjarnegara juga menyediakan program beasiswa POLIBARA yang kuotanya mencapai 80 penerima.

Kasubbag Kemahasiswaan, Alumni dan Pengembangan Karir Politeknik Banjarnegara, Ufic Sellina Dewi, S.Pd menjelaskan untuk beasiswa POLIBARA penerimanya akan terbebas dari biaya SPP selama tiga tahun penuh atau enam semester. Untuk bisa bersaing mendapatkan beasiswa tersebut, calon penerima harus terlebih dahulu terdaftar sebagai calon mahasiswa baru Politeknik Banjarnegara Tahun Ajaran 2015/2016 dan mengikuti proses seleksi. “Setiap calon mahasiswa yang sudah melakukan proses pendaftaran sampai tahap registrasi, secara otomatis dirinya berhak mengikuti seleksi program beasiswa POLIBARA,” ungkapnya.

Dijelaskan lebih lanjut, program seleksi beasiswa POLIBARA dibagi menjadi dua tahap pelaksanaan. Tahap pertama diperuntukkan kepada calon mahasiswa yang melakukan proses registrasi sampai 30 Juni dan tahap kedua diperuntukkan kepada calon mahasiswa yang melakukan proses registrasi 1 Juli sampai 6 September mendatang. Untuk masing-masing tahap disediakan kuota sebanyak 40 penerima. “Apabila pada seleksi tahap pertama calon mahasiswa belum berhasil mendapatkan beasiswa POLIBARA, dirinya berhak mengikuti proses seleksi tahap kedua tanpa harus melakukan pendaftaran,” kata Ufic.

Sementara itu untuk program Bidikmisi merupakan beasiswa yang disediakan bagi mahasiswa yang memiliki potensi akademik tinggi namun berasal dari keluarga yang kurang mampu secara ekonomi. Pendaftaran program Bidikmisi dilakukan oleh pihak sekolah masing-masing secara online melalui http://bidikmisi.dikti.go.id. “Dengan beasiswa ini, penerimanya akan dibebaskan dari segala biaya pendidikan selama kuliah di Politeknik Banjarnegara, serta memperoleh bantuan biaya hidup per semester minimal Rp. 3.600.000 yang langsung ditransfer ke rekening penerima,” jelasnya. Program Bidikmisi dikhususkan kepada calon mahasiswa yang mendaftar untuk Program Studi Kesehatan Lingkungan.

Kepala UPT Humas Bondan Hary Setiawan, SP, MP mengatakan selain program beasiswa Bidikmisi dan POLIBARA, beberapa jenis beasiswa lain yang rutin disalurkan diantaranya beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA), beasiswa Bantuan Biaya Pendidikan Peningkatan Prestasi Akademik (BBP-PPA) serta Beasiswa Bank Jateng. “Walaupun telah banyak lembaga yang ikut berperan dalam program beasiswa, berbagai upaya akan terus kami lakukan agar jumlah beasiswa yang disalurkan terus meningkat,” kata Bondan. Menurut dia, saat ini Politeknik Banjarnegara masih membuka pendaftaran mahasiswa baru dengan tiga pilihan program studi Diploma III unggulannya yaitu Kebidanan, Agroteknologi dan Kesehatan Lingkungan.

“Untuk pendaftaran dan informasi, bisa datang langsung ke kampus Politeknik Banjarnegara di Jl. Raya Kenteng-Madukara KM.02 Kenteng, Banjarnegara atau bisa juga melalui sistem online dengan menuju reg.polibara.ac.id atau melalui www.polibara.ac.id,” kata Bondan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *