5 Dosen Politeknik Menangi Hibah Penelitian Nasional

Dosen Politeknik Banjarnegara kembali menorehkan prestasinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk tahun ini sedikitnya lima orang dosen dengan enam judul proposal berhasil memenangi hibah pendanaan Program Penelitian dan Pengabdian Masyarakat tahun 2017 yang diselenggarakan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan.

“Sebelumnya proposal penelitian dan pengabdian kepada masyarakat tersebut harus bersaing dengan proposal peserta lain dari Perguruan Tinggi Negeri maupun Perguruan Tinggi Swasta seluruh Indonesia dalam tahapan seleksi administrasi dan substansi,” kata Kepala Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (UP2M) Politeknik Banjarnegara, Barni, S.Pd, MA.

Keenam judul proposal yang dinyatakan menang tersebut terdiri dari lima judul penelitian yang masuk dalam skema Penelitian Dosen Pemula (PDP) dan satu judul pengabdian kepada masyarakat yang masuk dalam skema Ipteks bagi Masyarakat (IbM).

Keenam dosen yang berhasil memenangkan hibah tersebut yakni Sarno, SP, M.Sc dari Program Studi (Prodi) Agroteknologi dengan judul penelitian Analisis Efisiensi Biaya Produksi dan Pendapatan Kelompok Wanita Tani Sayuran Organik di Kecamatan Rakit Banjarnegara, Eko Apriliyanto, SP, M.Sc dari Prodi Agroteknologi dengan judul penelitian Potensi Ekstrak Daun Sirsak dan Gulma Siam untuk Pengendalian Hama Kepik Coklat (Riptortus linearis) pada Tanaman Kedelai.

Selanjutnya Dewie Sulistyorini, S.SiT, M.Kes dari Prodi Kebidanan dengan judul penelitian Evaluasi Program Pelaksanaan Kelas Ibu Hamil di Puskesmas Poned Wilayah Kerja Kabupaten Banjarnegara Tahun 2016, Barni, S.Pd, MA dari Prodi Kesehatan Lingkungan dengan judul penelitian Upaya Pengendalian Masyarakat Lokal terhadap Demam Berdarah Dengue dan Tingkat Risiko Penularannya di Desa Wanadri Kecamatan Bawang Kabupaten Banjarnegara, Fanny Tri Raditya, SP, M.Sc dari Prodi Agroteknologi dengan judul Analisis Spasial Kawasan Rawan Longsor di Kecamatan Pagentan Kabupaten Banjarnegara.

Sementara itu, hibah untuk Program Pengabdian Masyarakat diraih oleh Barni, S.Pd, MA dari Prodi Kesehatan lingkungan dengan judul IbM Kerajinan Batik dengan Pewarna Alami di Kecamatan Susukan Kabupaten Banjarnegara.

Dosen Politeknik Banjarnegara, Fanny Tri Raditya, SP, M.Sc mengatakan penelitian merupakan salah satu tugas utama dosen sebagai implementasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Melalui penelitian, dosen dapat mengembangkan pengetahuan dan teknologi baru bagi masyarakat, memperkaya khasanah keilmuan dosen dan meningkatkan kualitas pengajaran dosen di kelas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *