44 Mahasiswi Kebidanan Ikuti PKMD

Sebanyak 44 Mahasiswi semester IV Program Studi Kebidanan Politeknik Banjarnegara mulai mengikuti kegiatan Praktik Pembangunan Masyarakat Desa (PKMD) yang dipusatkan di Desa Wanaraja Kecamatan Wanayasa.

Kegiatan penyerahan pelepasan dilaksanakan di aula Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan yang dihadiri dinas terkait dan kepala OPD se-Kabupaten Banjarnegara, Senin (16/7).

Direktur Politeknik Banjarnegara, Dr. Tuswadi dalam sambutannya mengatakan melalui kegiatan PKMD, diharapkan para mahasiswi mampu memberikan edukasi kepada masyarakat untuk hidup lebih sehat dan sejahtera. Selain itu, mahasiswi juga bisa melihat secara langsung tentang berbagai permasalahan kesehatan yang terjadi di masyarakat.

“Dengan melihat secara langsung, diharapkan peserta PKMD dapat membantu mencari solusi dan mengatasi berbagai permasalahan khususnya Angka Kematian Ibu dan Angka Kematian Bayi (AKI dan AKB), serta memicu pemberdayaan masyarakat dalam meningkatkan kesehatan ibu, anak, dan lansia,” kata Dr. Tuswadi.

Ketua Program Studi Kebidanan Politeknik Banjarnegara, Lia Aria Ratmawati, S.SiT, M.Kes mengatakan Program Pendidikan Diploma III Kebidanan Politeknik Banjarnegara bertujuan menghasilkan bidan profesional dan produktif yang menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia. Untuk mencapai tujuan tersebut, mahasiswa diwajibkan mengikuti kegiatan pembelajaran teori tatap muka, praktik laboratorium dan praktik klinik.

Menurut Lia, kegiatan PKMD merupakan salah satu bagian dari mata kuliah Praktik Komunitas. Pengalaman pembelajaran praktik asuhan kebidanan komunitas sangat besar manfaatnya karena mahasiswi diberikan kesempatan untuk mengaplikasikan ketrampilannya langsung dengan pasien di lapangan sehingga dapat meningkatkan pemahaman maupun pengalamannya. “Kegiatan PKMD dilaksanakan sekitar 30 hari dengan berbagai program kegiatan yang melibatkan masyarakat,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *