UP2M Gelar Diseminasi Hasil Penelitian

Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (UP2M) Politeknik Banjarnegara menggelar kegiatan Diseminasi Hasil Penelitian Hibah Dosen Pemula Kemenristek Dikti Tahun Anggaran 2015. Kegiatan tersebut dilaksanakan di auditorium, (24/2) lalu.

Sedikitnya terdapat tiga hasil penelitian dan satu pengabdian Iptek bagi masyarakat yang telah dilaksanakan oleh dosen Politeknik Banjarnegara yaitu Evaluasi Penerimaan Konsumen Kopi Biji Salak yang Diproduksi Dengan Proses Fermentasi (Lukmanul Hakim, S.TP., M.Sc dan Dwi Ari Cahyani, S.TP., M.Sc), Pemberian Dolomit dan Kalium untuk Peningkatan Laju Pengisian Fotosintat pada Umbi Tanaman Ubi Jalar (Ipomoea batatas L.) (Bondan Hary Setiawan, SP., MP dan Arum Asriyanti S., SP., M.Si).

Selanjutnya Perkembangan Hama Kutu Aphis Tanaman Kacang Panjang dengan Pemberian Ekstrak Daun Gulma Siam (Eko Apriliyanto, S.P., M.Sc), Kajian Praktek Penggunaan Pestisida dan Kadar Kolinesterase pada Petani Kentang di Desa Kepakisan Kecamatan Batur Kabupaten Banjarnegara (Dwi Atin Faidah, SKM., M.Kes (Epid) dan Joko Malis Sunarno, S.Si, M.Si.Med), serta Pemberdayaan Masyarakat di Desa Gunungjati dan Desa Pagedongan Kabupaten Banjarnegara Dalam Melindungi Sumber Mata Air (Joko Malis Sunarno, S.Si, M.Si.Med dan Dwi Atin Faidah, SKM., M.Kes (Epid)).

Pembantu Direktur Bidang Akademik, Ir. Sapto Wibowo, MP dalam sambutannya mengatakan diseminasi merupakan kegiatan yang ditujukan kepada kelompok target individu untuk memperoleh suatu informasi dan memanfaatkan informasi yang telah diperolehnya tersebut. Terkait dengan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, beberapa tahun terakhir terjadi peningkatan yang cukup signifikan. Diharapkan Tri Dharma Perguruan Tinggi oleh dosen akan semakin meningkat pada tahun berikutnya.

Kepala UP2M Politeknik Banjarnegara, Barni, S.Pd., MA mengatakan Diseminasi penelitian dosen tersebut merupakan agenda rutin tahunan yang diselenggarakan UP2M. Penelitian yang dilaksanakan dosen tersebut, merupakan ajang untuk merangsang dan mendorong para dosen untuk kreatif dan inovatif dalam menuangkan ide atau gagasannya melalui kegiatan penelitian, sekaligus juga diharapkan dapat melatih para dosen untuk melakukan penulisan karya ilmiah dengan mengaplikasikan keilmuannya di masyarakat.

“Diseminasi hasil penelitian tersebut bertujuan untuk memaparkan temuan serta kajian hasil pelaksanaan kegiatan penelitian. Selain itu dengan adanya diseminasi hasil penelitian ini diharapkan adanya temuan-temuan baru yang bisa memberikan kontribusi bagi pengembangan ilmu pengetahuan, baik secara teoritis maupun praktis, disamping itu juga sebagai ajang pertukaran informasi ataupun bertukar pendapat (sharing) mengenai berbagai pengalaman maupun temuan selama penelitian berlangsung,” kata Barni.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *