Kuliah Umum Awali OSPEK Maba Politeknik

Mahasiswa Baru (Maba) Politeknik Banjarnegara Tahun Akademik 2017/2018 mulai mengikuti kegiatan Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (OSPEK), Senin (11/9).

Kegiatan OSPEK diawali dengan kuliah umum yang disampaikan Wakil Bupati Banjarnegara Syamsudin, S.Pd, M.Pd. Dalam ceramahnya Wabup Syamsudin mengungkapkan Politeknik Banjarnegara menjadi bagian dalam upaya untuk memajukan Banjarnegara, mengingat besarnya potensi yang dimiliki Kabupaten Banjarnegara sehingga dibutuhkan pemikiran serta tangan-tangan terampil.

Selain itu berbagai permasalahan seperti angka kemiskinan, derajat kesehatan yang belum sesuai dengan harapan serta pendidikan secara umum yang belum optimal juga memerlukan peran serta aktif dari Politeknik Banjarnegara. “Mengingat perjuangan awal saat membentuk Politeknik Banjarnegara yang luar biasa, kini saatnya menjaga dan merawat sehingga Politeknik Banjarnegara menjadi aset kebanggaan seluruh masyarakat Banjarnegara,” kata Wabup Syamsudin.

Ketua Panitia OSPEK, Hendi Fauzi Maulana mengatakan kegiatan OSPEK dilaksanakan selama empat hari. Setelah kuliah umum semua Maba dari Program Studi Kebidanan, Kesehatan Lingkungan dan Agroteknologi mengikuti upacara pembukaan OSPEK dan penyematan jas almamater secara simbolis yang dihadiri sivitas akademik Politeknik Banjarnegara.

Menurut Hendi, kegiatan OSPEK tahun ini dirancang sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Selain materi pokok tentang pengenalan kampus, beberapa materi pendukung yang telah dipersiapkan diantaranya pendidikan karakter dan bela negara dengan menghadirkan narasumber dari Kodim 0704 Banjarnegara, sosialisasi tentang bahaya narkoba dengan narasumber dari Polres Banjarnegara serta materi tentang budaya yang akan menghadirkan seorang budayawan Banjarnegara. “Kita juga menggelar training motivation dan sebagai kegiatan penutup dari masa OSPEK akan dilaksanakan outbond,” kata Hendi.

Sementara itu Pembantu Direktur Bidang Alumni, Kemahasiswaan dan Kerjasama Politeknik Banjarnegara, Joko Malis Sunarno, S.Si, M.Si. Med mengatakan kegiatan pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru Politeknik Banjarnegara diisi dengan kegiatan yang humanis dan berpendidikan. Pihak kampus menggandeng berbagai pihak sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut. Menurutnya OSPEK dengan seluruh rangkaian acaranya merupakan gerbang awal pembentukan karakter seorang mahasiswa.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *