Polibara Buka Pendaftaran KIP-Kuliah

Polibara Buka Pendaftaran KIP-Kuliah

BANJARNEGARA-Politeknik Banjarnegara (Polibara) membuka pendaftaran program Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) sampai dengan Oktober mendatang. KIP Kuliah merupakan bantuan biaya pendidikan dari pemerintah bagi lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat yang memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi.

Direktur Polibara Dr. Tuswadi mengatakan Polibara menyediakan dan telah menyalurkan berbagai jenis skema beasiswa dan bantuan pendidikan secara rutin kepada mahasiswanya baik yang bersumber dari pemerintah, pihak swasta maupun internal kampus. “KIP adalah Kartu Indonesia Pintar yang merupakan program dari pemerintah saat ini. Kalau di perguruan tinggi disebut dengan KIP Kuliah, dimana di tahun-tahun sebelumnya dikenal dengan nama Bidikmisi,” katanya.

Menurut Dr. Tuswadi, beberapa manfaat adanya program beasiswa diantaranya untuk pemerataan kesempatan belajar bagi para mahasiswa yang kurang mampu secara ekonomi, mendorong mahasiswa untuk berpacu mencapai prestasi akademik yang tertinggi serta mempertahankan semangat belajar mahasiswa agar tetap berprestasi dan bersemangat dalam menyelesaikan pendidikannya.

Ketua Panitia Promosi dan Penerimaan Mahasiswa Baru Polibara 2020, Eko Apriliyanto, SP, M.Sc menjelaskan bagi alumni SMA/sederajat yang berminat mengajukan KIP Kuliah  dapat mendaftarkan diri melalui laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id, kemudian memilih jalur mandiri PTS, selanjutnya memilih kampus Politeknik Banjarnegara serta memilih Program Studi yang ada yakni Kebidanan, Kesehatan Lingkungan atau Agroindustri.

Menurut Eko, setelah mendaftar pada laman tersebut, kemudian daftarkan diri dengan melengkapi berkas di https://polibara.ac.id/pendaftaran-mahasiswa-baru/. Semua program studi yang ada di Politeknik Banjarnegara telah terakreditasi B oleh BAN-PT dan LAM-PTKes.

“Pendaftaran KIP Kuliah tidak dikenakan biaya. Selain gratis kuliah, mahasiswa yang mendapat beasiswa KIP Kuliah akan memperoleh subsidi biaya hidup 700 ribu/bulan,” kata Eko. Selain jalur KIP Kuliah, tahun ini Polibara menyediakan beberapa skema beasiswa diantaranya Beasiswa Polibara, Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik, Beasiswa Khusus Yatim Piatu serta Beasiswa Khusus Difabel.

Di masa pandemi Covid-19 ini Polibara juga meluncurkan Program Polibara Peduli Covid-19 yang merupakan kebijakan khusus untuk memberikan bantuan kepada mahasiswa baru yang terdampak Covid-19 berupa pemotongan biaya SPP semester 1 sampai dengan 50 %.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *