Prodi D3 Kebidanan Gelar Caping Day XII

Prodi D3 Kebidanan Gelar Caping Day XII

Program Studi (Prodi) D3 Kebidanan Politeknik Banjarnegara menggelar upacara Caping Day untuk mahasiswi angkatan XII, Rabu (12/2) di autorium kampus.

Ketua Program Studi D3 Kebidanan Politeknik Banjarnegara, Dian Nirmala Sari, S.SiT, M.Tr.Keb., mengatakan Caping Day merupakan titik awal bagi mahasiswi semester 1 untuk menapaki tahapan berikutnya sebagai mahasiswa Program Studi Kebidanan dimana pada tahapan ini mahasiswi akan mulai ditempatkan di berbagai institusi kesehatan untuk mempraktekkan semua teori-teori yang telah didapatkan sebelumnya. Pada acara tersebut dilakukan sumpah bagi mahasiswi Program Studi Kebidanan dan penyematan cap profesi serta pemberian penghargaan bagi mahasiswi yang memperoleh Indeks Prestasi (IP) tertinggi.

Direktur Politeknik Banjarnegara Dr. Tuswadi dalam sambutannya berpesan agar mahasiswi yang telah mengikuti ucap janji dan pemasangan cap profesi tersebut mampu mengambil hikmah dan semangat untuk mengabdikan diri pada tempat-tempat pelayanan kesehatan mitra Politeknik Banjarnegara dan pada akhirnya nanti mampu menjadi seorang bidan yang kompeten dan profesional. “Buktikan dosen-dosen telah memberikan ilmu yang bermanfaat untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat,” kata Dr. Tuswadi. Sebagai calon bidan yang merupakan ujung tombak bagi terwujudnya kesehatan ibu dan anak diharapkan untuk selalu menempa diri, terus menerus mengasah ketrampilannya dan senantiasa untuk menjaga sikap atau attitude, baik di lahan praktik maupun dalam bermasyarakat.

Dikatakannya, dalam program internasionalisasi kampus, pada awal Februari ini seorang dosen Program Studi Kebidanan Politeknik Banjarnegara Dewie Sulistyorini, S.SiT, M.Kes menjadi pembicara utama dalam Joint Seminar yang diselenggarakan di Hiroshima University. Selain itu dalam waktu dekat juga akan dilaksanakan kerjasama dengan Waku Pro Hijiyama University dalam bidang pengabdian kepada masyarakat.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjarnegara yang diwakili Kasi Kesehatan Keluarga, Sri Wahyuni, S.Kep, Ns., M.Kes. menyampaikan ucapan selamat kepada para mahasiswi dan orang tua. Menurut dia, Caping Day merupakan sebuah gerbang dalam memasuki dunia nyata. Dirinya menyampaikan kepada mahasiswi khususnya Program Studi Kebidanan untuk bisa mengabdikan dirinya dalam membangun Banjarnegara yang sehat, sejahtera dan bermartabat, salah satunya dengan ikut membantu memperkecil angka kematian ibu melahirkan dan bayi baru lahir. “Dinas Kesehatan akan mensinergikan dengan program Politeknik Banjarnegara, sehingga harapannya akan memberikan dampak yang baik khususnya dalam bidang kesehatan,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *