Program 1 Desa 1 Anak Kuliah di Polibara Diluncurkan

Untuk lebih mendayagunakan peran strategisnya dalam membangun sumber daya manusia yang unggul pada sektor kesehatan dan pertanian, menjelang tahun akademik baru 2019/2020 Politeknik Banjarnegara meluncurkan Program 1 Desa 1 Anak Kuliah di Polibara.

Dr Tuwadi, Direktur Politeknik Banjarnegara, menjelaskan profil dan kiprah lembaganya belum sepenuhnya menyentuh alumni SLTA di semua desa/kelurahan di kabupaten Banjarnegara. Terdapat 278 desa/kelurahan dimana ketika setiap desa/kelurahan mengirimkan minimal satu orang untuk kuliah, Politeknik akan mampu melahirkan lebih banyak ahli madya di bidang Kebidanan, Kesehatan Lingkungan, dan pertanian (Agroteknologi).

“Desa/Kelurahan harus memiliki visi dan misi dalam membangun sumber daya manusia yang bermutu, karena mereka akan menjadi pembaharu di desanya masing-masing menuju kemajuan. Politeknik Banjarnegara sebagai lembaga pendidikan tinggi vokasi milik Pemerintah Daerah sejatinya didirikan untuk turut menguatkan arah dan tujuan pembangunan desa. Jadi tidak berlebihan ketika Kepala Desa/Lurah untuk tidak jemu-jemu mengedukasi masyarakat agar sadar pentingnya pendidikan tinggi, dimana tidak perlu jauh-jauh ke kota lain, para orang tua bisa menguliahkan putra/putrinya di Politeknik Banjarnegara,” jelasnya.

Melalui Program 1 Desa 1 Anak Kuliah di Polibara, Kepala Desa/Lurah diberikan keleluasaan untuk merekomendasikan para lulusan SLTA termasuk kejar paket C di wilayahnya masing-masing untuk mendaftarkan diri sebagai calon mahasiswa baru Politeknik Banjarnegara dengan jaminan diterima. Terdapat 3 program studi D-3 terakreditasi B yang bisa dipilih yaitu Kebidanan, Kesehatan Lingkungan, dan Agroteknologi.

“Kami sangat menghargai nilai rekomendasi Kepala Desa/Lurah, siapapun yang memenuhi syarat untuk direkomendasikan kuliah di Politeknik Banjarnegara akan kami terima. Calon mahasiswa baru bisa menggunakan nilai raport semester 5 atau nilai ijasah/UN atau nilai UTBK, atau piagam penghargaan untuk mendaftarkan diri. Gunakan salah satu saja dari ke-4 hal tersebut untuk mendaftarkan diri. Tersedia sejumlah beasiswa termasuk pengurangan biaya kuliah bagi mahasiswa baru untuk Program 1 Desa 1 Anak Kuliah di Polibara,” ujar Dian Nirmalasari, S.SiT, M.Tr.Keb.,   Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru.

Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono, sangat mendukung terobosan Program 1 Desa 1 Anak Kuliah di Polibara. Pihaknya pun telah menghimbau secara tertulis kepada seluruh Kepala Desa/Lurah untuk pandai-pandai memanfaatkan program ini mengingat pentingnya peran desa/kelurahan dalam turut serta mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) di bidang kesehatan dan pertanian guna mempercepat terwujudnya visi dan misi Banjarnegara yang bermartabat dan sejahtera.

Bagi pihak desa/kelurahan maupun masyarakat yang ingin berkonsultasi lebih lanjut mengenai mekanisme Program 1 Desa 1 Anak Kuliah di Polibara dapat menghubungi Bagian Humas Polibara di 08123356819 atau (0286) 592710. Adapun proses penerimaan mahasiswa baru untuk tahun akademik 2019/2020 dilayani setiap hari sampai dengan awal September 2019.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *