Prodi Kebidanan Gelar Workshop Pengembangan Kurikulum Berbasis SN Dikti dan KKNI

Sebagai satu-satunya kampus vokasi di Banjarnegara, Politeknik Banjarnegara terus berbenah diri untuk semakin baik dan semakin maju. Salah satu upaya yang ditempuh dengan menggelar workshop pengembangan kurikulum berbasis Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-Dikti) dan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) oleh Program Studi Kebidanan.

Ketua Program Studi Kebidanan, Lia Aria Ratmawati, SST.,M.Kes mengatakan dengan adanya berbagai perubahan dalam regulasi dan makin berkembangnya profesi bidan serta memperhatikan aspek legal yang terjadi dalam tatanan pelayanan kesehatan, maka kurikulum Program Studi DIII Kebidanan Politeknik Banjarnegara harus ditinjau, direvisi dan dikembangkan, dengan mengacu kepada SN Dikti dengan memperhatikan KKNI sebagaimana disyaratkan.

Workshop menghadirkan narasumber Dewi Rokhanawati, S.SiT, MPH dari Universitas Aisyiyah Yogyakarta. Materi yang disampaikan diantaranya pengembangan kurikulum Pendidikan Tinggi, pengembangan kurikulum DIII Kebidanan, kompetensi bidan Indonesia, profil lulusan dan capaian pembelajaran lulusan DIII Kebidanan. “Selain dihadiri oleh dinas/instansi terkait dan stakeholder sebagai pengguna lulusan, kegiatan tersebut juga dihadiri oleh perwakilan alumni dari masing-masing angkatan,” kata Lia. Kegiatan diakhiri dengan sesi diskusi seluruh peserta bersama narasumber.

Menurut Lia, tindak lanjut dari workshop ini adalah menyusun draft kurikulum Program Studi DIII Kebidanan Politeknik Banjarnegara kemudian menindaklanjuti masukan-masukan dari peserta workshop guna menyusun program kurikulum Program Studi DIII Kebidanan Politeknik Banjarnegara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *