Politeknik Banjarnegara Programkan Pertukaran Mahasiswa ke Hiroshima

Berdasarkan hasil pertemuan antara Direktur Politeknik Banjarnegara dengan Presiden Hijiyama University di kota Hiroshima (22/3), disepakati beberapa implementasi kerjasama berdasarkan nota kesepahaman kedua pihak, diantaranya program pertukaran mahasiswa dan program setahun belajar bahasa Jepang. Program tersebut rencananya akan mulai dilaksanakan pada tahun akademik 2019/2020 ini dan bermitra dengan salah satu kampus ternama di Hiroshima, yakni Hijiyama University dan Hijiyama Junior College.

Direktur Politeknik Banjarnegara Dr. Tuswadi mengatakan program pertukaran mahasiswa Politeknik Banjarnegara ke Hijiyama University direncanakan berlangsung selama 5 hari pada setiap musim gugur (Oktober). Para peserta yang terseleksi akan mengikuti serangkaian kegiatan termasuk kuliah bersama profesor, tukar bahasa dan budaya Indonesia-Jepang, kunjungan ke institusi layanan kesehatan masyarakat dan pertanian di Hiroshima, serta study tour ke Pulau Miyajima.

Sementara itu, program belajar bahasa Jepang akan dilaksanakan selama satu tahun dan dikhususkan untuk para alumni setelah yudisium dan wisuda dinyatakan selesai. Program ini dimaksudkan untuk membekali lulusan Politeknik Banjarnegara dengan kemampuan bahasa asing khususnya bahasa Jepang agar siap terserap pada perusahaan atau industri skala nasional maupun internasional. “Untuk program belajar bahasa Jepang, kami akan membidik mahasiswa tingkat akhir, setelah urusan yudisium dan wisuda beres akan kami kirimkan ke Hijiyama University untuk belajar di sana selama setahun,” jelas Dr. Tuswadi.

Program ini gratis karena SPP selama dua semester dicover oleh pihak Hijiyama University. Selain itu, status alumni Politeknik Banjarnegara yang terkirim ke Hijiyama nantinya mengantongi visa pelajar dari pemerintah Jepang. Untuk memenuhi kebutuhan hidup harian, mereka tetap diperkenankan kerja paruh waktu. “Honor bekerja sambilan per bulan biasanya lebih dari cukup untuk biaya hidup di sana,” kata Dr Tuswadi.

Pembantu Direktur Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama, Bondan Hary Setiawan, SP, MP mengatakan program internasionalisasi seperti ini sangat penting dilaksanakan. Tinggal dan belajar di negara maju seperti Jepang akan membekali mahasiswa maupun alumni Politeknik Banjarnegara dengan etos kerja unggul seperti yang dimiliki masyarakat Jepang. Dengan kedua program kemitraan menggandeng kampus Jepang tersebut, Politeknik Banjarnegara optimis akan melahirkan para profesional lulusan Diploma Plus baik Kebidanan, Agroteknologi, dan Kesehatan Lingkungan dengan pengalaman belajar dan bekerja di negeri sakura. Untuk tahun akademik 2019/2020 proses pendaftaran calon mahasiswa baru Politeknik dilayani setiap hari hingga Agustus 2019 dengan menghubungi CP SMS/WA/Telp 08123356819 atau (0286) 592710 dan link www.daftar.polibara.ac.id.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *