Masyarakat Dikenalkan Aplikasi Pengendalian Hama Ramah Lingkungan

Kelompok Tani Setya Sembada, Desa Kutayasa, Kecamatan Madukara bekerjasama dengan Program Studi Agroteknologi Politeknik Banjarnegara mengadakan pelatihan aplikasi pengendalian hama ramah lingkungan, Kamis (18/10) lalu.

Ketua Kelompok Tani Setya Sembada Kutayasa, Surjanto mengatakan kegiatan pelatihan ini dinilai sangat penting bagi petani. Keberadaan lalat buah menjadikan buah yang akan dipanen menjadi busuk, sehingga kualitas buah yang akan dipanen menurun. Pelatihan tersebut bertujuan untuk mencegah buah busuk dan agar hasil panen tetap terjaga dan aman dikonsumsi. . “Petani tidak hanya dilatih memasang, namun juga membuat perangkap agar lalat mau masuk sebelum merusak buah,” katanya.

Perangkap lalat buah ini terbuat dari botol air mineral yang dipotong. Lalu bagian atas botol dimasukkan dalam posisi terbalik. Agar lalat mau masuk perangkap, diberi petrogenol/metileugenol yang diteteskan pada kapas.

Dengan perangkap lalat buah ini diharapkan bisa mengurangi busuk buah sehingga buah lokal Banjarnegara bisa menembus pasar ekspor dan meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil panen sehingga bisa meningkatkan pendapatan petani buah.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *