Gelar Baksos, Prodi Kebidanan Lakukan Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Program Studi (Prodi) Kebidanan Politeknik Banjarnegara bekerjasama dengan Nasyiatul Aisyiyah Desa Kaliurip menggelar kegiatan Bakti Sosial yang dipusatkan di lingkungan RT.01 RW.01 Dusun Krajan, Desa Kaliurip, Kecamatan Madukara, beberapa waktu lalu.

Puluhan warga masyarakat yang sebagian besar berusia lanjut sangat antusias memeriksakan kesehatannya dalam kegiatan tersebut. Ketua Prodi Kebidanan, Lia Aria Ratmawati, SST., M.Kes mengatakan kegiatan bakti sosial tersebut melibatkan seluruh dosen dan beberapa mahasiswi dengan memberikan layanan pemeriksaan kesehatan berupa cek tekanan darah, cek golongan darah, gula darah, kolesterol dan konsultasi serta penyuluhan seputar kesehatan. “Selain sebagai bentuk pengabdian Politeknik Banjarnegara kepada masyarakat, bakti sosial ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat dengan memberikan pelayanan kesehatan secara cuma-cuma,” kata Lia Aria.

Dijelaskan Lia, dosen berkewajiban memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian. Dalam rangka pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi tersebut, berbagai macam bentuk pengabdian terhadap masyarakat terus dilakukan.

Sebagai dosen Prodi Kebidanan, bentuk pengabdian yang dapat diberikan kepada masyarakat salah satunya yakni dalam bentuk bakti sosial. Bakti sosial merupakan wadah pembekalan atau pembinaan untuk menyalurkan dan mengamalkan profesionalisme disiplin ilmu ke tengah masyarakat. “Manfaat lain dari bakti sosial ini adalah untuk melatih kepekaan dalam memecahkan masalah yang timbul di tengah masyarakat melalui pembekalan dan latihan,” katanya.

Hal yang sama dikatakan Rusfita Retna, S.SiT., M.Kes. Menurutnya, kegiatan bakti sosial tersebut merupakan salah satu bentuk kebermanfaatan Politeknik Banjarnegara kepada masyarakat. “Semoga kedepannya kami dapat memberikan layanan yang lebih beragam lagi,” kata Rusfita.

  

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *