Meriah, Penyambutan Mahasiswa Baru

Kehadiran Mahasiswa Baru (Maba) tahun akademik 2016/2017 telah menambah warna kemahasiswaan kampus Politeknik Banjarnegara yang merupakan satu-satunya kampus vokasi di Banjarnegara. Seperti tahun sebelumnya, segenap civitas akademika Politeknik Banjarnegara pun turut serta menyambut Maba tersebut dengan penuh semangat.

Kegiatan bagi Maba diawali dengan Orientasi Pengenalan Kampus (Ospek) yang diselenggarakan selama tiga hari pada pertengahan bulan ini. Kegiatan Ospek tersebut diawali dengan pengenalan lingkungan kampus dan pemaparan materi akademis serta program studi.

Ketua Panitia Ospek, Surinto, mengatakan orientasi bagi Maba lebih mengarah kepada kegiatan pembekalan dari dunia siswa menuju dunia perguruan tinggi. “Dengan kegiatan Ospek tersebut, Maba diharapkan dapat lebih siap memasuki dunia kampus dengan penuh semangat, optimisme dan mandiri,” kata Surinto. Beberapa materi yang disampaikan dalam kegiatan Ospek tersebut diantaranya pendidikan karakter, pendidikan Pancasila, Politic Role Playing, Kebudayaan, Training Motivation, out bond, pengenalan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan sebagainya.

Sebagai penutup kegiatan Ospek digelar ‘Welcome Party’ dengan tema full moon Saturday night di halaman depan kampus Politeknik Banjarnegara dengan menyuguhkan pentas seni dari mahasiswa Politeknik Banjarnegara dan menghadirkan sejumlah band pendukung. Pada puncak acara digelar pesta kembang api dengan durasi lebih dari 15 menit.

Sementara itu, untuk lebih menguatkan ikatan kekeluargaan, UKM Olahraga menggelar kegiatan fun futsal yang diikuti seluruh civitas akademika Politeknik Banjarnegara beberapa waktu lalu. Selain untuk mengenalkan lebih dekat dengan UKM Olahraga, kegiatan tersebut juga sebagai ajang silaturahmi dalam menyambut keluarga baru.

Pembina UKM Olahraga, Yuni Alvianto mengatakan kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya untuk memperkenalkan salah satu UKM yang ada di Politeknik Banjarnegara yaitu UKM olahraga. Menurut dia, selain UKM Olahraga beberapa UKM yang bisa dipilih mahasiswa diantaranya Pecinta Alam, Kesenian, Kajian Ilmiah, Korps Suka Rela (KSR), Keluarga Muslim Mahasiswa Politeknik (KMMP) dan sebagainya. “UKM merupakan salah satu wadah yang bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa dalam pengembangan diri, bakat dan minat yang dimiliki,” kata Yuni.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *