Prodi Kebidanan Politeknik Raih Akreditasi B

Program Studi (Prodi) Kebidanan Politeknik Banjarnegara berhasil meningkatkan kualitas mutu pendidikannya dengan meraih akreditasi B dari Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes). LAM-PTKes merupakan lembaga yang bertugas melakukan akreditasi terhadap program studi kesehatan di perguruan tinggi di Indonesia.

Ketua Prodi Kebidanan, Lia Aria Ratmawati, S.ST., M.Kes mengatakan hasil akreditasi tersebut didasarkan pada Surat Keputusan dari LAM-PTKes No. 0132/LAM-PTKes/Akr/Dip/XI/2015, tanggal 8 November 2015, tentang Status, Nilai dan Peringkat Akreditasi. “Hasil akreditasi ini merupakan pengakuan dari pemerintah bahwa Prodi Kebidanan Politeknik Banjarnegara sudah memenuhi standar kualifikasi yang lebih baik,” kata Lia.

Menurut Lia, sebelumnya Prodi Kebidanan menjalani serangkaian proses reakreditasi diantaranya visitasi yang penilaiannya dilakukan oleh assesor LAM-PTKes, akhir September lalu. Serangkaian kegiatan penilaian yang dilakukan diantaranya presentasi Prodi yang dilanjutkan sesi tanya jawab untuk mengeksplorasi materi presentasi dan tanya jawab dengan berbagai elemen sumber daya program studi yaitu mahasiswa, dosen dan alumni serta tenaga kependidikan, verifikasi dokumen, serta visitasi observasi fasilitas laboratorium, ruang perkuliahan, perpustakaan dan sistem informasi manajemen serta kerjasama antar lembaga.

Selain itu juga dilakukan penilaian pada lahan praktikum mahasiswa Prodi Kebidanan diantaranya RSUD Hj. Anna Lasmanah Kolopaking, Puskesmas dan BPM (Bidan Praktik Mandiri).

Menanggapi hasil akreditasi tersebut, Direktur Politeknik Banjarnegara, Prof. Dr. Teguh Supriyanto, M.Hum mengatakan hasil tersebut merupakan suatu pencapaian luar biasa yang patut disyukuri yang merupakan kebanggaan bagi seluruh sivitas akademika Politeknik Banjarnegara dan masyarakat Banjarnegara. “Pencapaian ini tidak lepas dari kerja keras dan kerjasama dari semua pihak yang selalu berupaya untuk meningkatkan dan memajukan kualitas pendidikan dan IPTEK,” kata Teguh.

Reakreditasi Prodi Agroteknologi
Dikatakan Teguh, upaya untuk selalu meningkatkan dan menjaga kualitas pendidikan akan terus dilakukan pihaknya, salah satunya dengan meningkatkan kualitas Prodi yang ada melalui peningkatan penilaian akreditasi. Setelah Prodi Kesehatan Lingkungan dan Kebidanan yang berhasil meraih nilai akreditasi B, saat ini Prodi Agroteknologi sedang menjalani proses reakreditasi dan dijadwalkan 9-12 Desember mendatang akan dilakukan visitasi lapangan oleh assesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

“Semoga hasil reakreditasi Prodi Agroteknologi akan meningkat dengan perolehan nilai yang maksimal. Bukan hal yang tidak mungkin, kedepan Politeknik Banjarnegara akan diperhitungkan sebagai salah satu institusi pendidikan yang disegani dan berkualitas dalam bidang pendidikan tinggi,” kata Teguh.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *