Mahasiswa Baru Dikenalkan Safety Ridding

Mahasiswa baru Politeknik Banjarnegara dikenalkan pengetahuan berkendara yang aman di jalan raya atau biasa disebut safety ridding, Rabu (16/9) bertempat di alun-alun Banjarnegara. Kegiatan tersebut dilaksanakan bekerjasama dengan Satlantas Polres Banjarnegara.

“Ini merupakan bagian dari kegiatan Pendidikan Dasar Kedisiplinan (Diksarlin) bagi mahasiswa baru. Tujuannya yakni membekali mereka dengan pengetahuan cara berkendara baik sepeda motor maupun mobil yang aman di jalan raya,” ungkap ketua panitia, Nur Azizah.

Para mahasiswa baru diberi pengetahuan sejak awal sebelum mengendarai kendaraan mereka di jalan raya. Yakni dari mempersiapkan kendaraan mereka, mengecek lampu utama, sein, bahan bakar, rem, kelengkapan surat-surat dan lainnya. Kemudian posisi berkendara yang benar dan aman, mengenakan helm bagi pengguna sepeda motor, mematuhi aturan lalu lintas dan sebagainya.

Pengetahuan tersebut dirasa penting karena saat ini sebagian besar pengendara motor di jalan raya adalah anak muda, baik pelajar maupun mahasiswa. Oleh karena itu penting untuk mendapatkan pengetahuan sebagai bekal berkendara yang benar dan aman di jalan raya.

Di akhir kegiatan diisi aksi damai mahasiswa dengan membagikan stiker kepada pengguna jalan yang berisi pesan berkendara yang santun dan aman.

Bupati Sutedjo Slamet Utomo, SH, M.Hum yang hadir dalam kesempatan itu, mengapresiasi kegiatan tersebut karena memberi manfaat positif, yakni mampu mengurangi angka pelanggaran maupun kecelakaan di jalan raya. Dia berharap, mahasiswa mampu menjadi teladan dan memberikan peran positif dalam pembangunan daerah sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *