Politeknik Banjarnegara Sediakan Beasiswa Bidikmisi

Politeknik Banjarnegara menyediakan dan telah menyalurkan berbagai jenis beasiswa dan bantuan pendidikan secara rutin kepada mahasiswanya yang bersumber dari pemerintah, Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) serta pihak swasta.

Tahun ini Politeknik Banjarnegara kembali mendapatkan program bantuan biaya pendidikan yang diberikan Pemerintah pusat melalui program beasiswa ‘Bidikmisi’ dengan Surat Keputusan nomor 5806/E3.1/SK/2014.

Kasubbag Kemahasiswaan, Alumni dan Pengembangan Karir Politeknik Banjarnegara, Ufic Sellina Dewi, S.Pd menjelaskan bidikmisi merupakan beasiswa yang disediakan untuk mahasiswa yang memiliki potensi akademik tinggi namun berasal dari keluarga yang kurang mampu secara ekonomi. “Dengan beasiswa ini, penerimanya akan bebas dari segala biaya pendidikan selama kuliah di Politeknik Banjarnegara, serta memperoleh bantuan biaya hidup per semester minimal Rp. 3.600.000,” jelasnya.

Menurut dia, penerima beasiswa bidikmisi terbuka untuk seluruh mahasiswa Politeknik Banjarnegara. Untuk tahun ajaran ini, sedikitnya ada 15 mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi tersebut. “Semoga untuk tahun ajaran berikutnya, kuota beasiswa bidikmisi akan semakin bertambah,” tegasnya.

Selain beasiswa bidikmisi, beberapa jenis beasiswa lain yang rutin disalurkan diantaranya beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA), beasiswa Bantuan Biaya Pendidikan Peningkatan Prestasi Akademik (BBP-PPA) serta Beasiswa Bank Jateng.
Secara umum beasiswa terbagi atas dua kategori yaitu beasiswa bagi keluarga yang kurang mampu secara ekonomi dan beasiswa bagi mahasiswa berprestasi. “Namun juga bisa dikombinasikan bagi yang kurang mampu dan berprestasi, baik prestasi akademik maupun prestasi non akademik,” ujar Ufic. Sementara itu dari data yang ada, prosentase jumlah penerima beasiswa dibandingkan dengan jumlah keseluruhan mahasiswa adalah sebesar 32,6 persen atau satu dibanding tiga mahasiswa.

Direktur Politeknik Banjarnegara, Dr. Teguh Supriyanto, M.Hum mengatakan walaupun telah banyak lembaga yang ikut dalam program beasiswa, namun berbagai upaya terus dilakukan agar jumlah beasiswa yang disalurkan terus meningkat, sehingga lebih banyak lagi mahasiswa yang berasal dari kondisi sosial ekonomi kurang mampu dapat terbantu dengan beasiswa yang ada.

Menurut Teguh, beberapa manfaat dengan adanya program beasiswa diantaranya adalah untuk pemerataan kesempatan belajar bagi para mahasiswa yang kurang mampu secara ekonomi, mendorong mahasiswa untuk berpacu mencapai prestasi akademik yang tertinggi serta mempertahankan semangat belajar mahasiswa agar tetap berprestasi dan bersemangat dalam menyelesaikan pendidikannya. “Kami sampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi untuk Pemkab Banjarnegara, karena telah memberikan kesempatan kepada kami untuk mengajukan permohonan program beasiswa, mudah-mudahan bisa segera terealisasi,” ungkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *