Politeknik Bentuk Ikatan Generasi Peduli Lingkungan

SikunirPoliteknik Banjarnegara melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pecinta Alam Ligarapala berencana akan membentuk Ikatan Generasi Peduli Lingkungan Hidup se-Banjarnegara. Kegiatan yang akan diikuti oleh perwakilan siswa-siswi SMA, SMK dan MA sederajat se-Kabupaten Banjarnegara tersebut akan dipusatkan di Kampus Politeknik Banjarnegara, 22 – 23 November mendatang.

Ketua Panitia, Yusnia Efendi mengatakan tujuan dari kegiatan tersebut selain untuk membentuk generasi muda yang bertanggung jawab serta mencintai alam dan lingkungan juga sebagai media diskusi dan tukar pengetahuan terkait dengan permasalahan lingkungan hidup dari berbagai disiplin ilmu. “Ini merupakan langkah awal dari program-program yang akan dilaksanakan selanjutnya serta untuk memudahkan koordinasi terkait dengan permasalahan lingkungan di Banjarnegara,” ungkap Yusnia.

Setiap Sekolah Menengah Atas, Kejuruan dan Madrasah Aliyah diharapkan dapat mengirimkan siswa-siswinya sebagai perwakilan untuk berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Menurut Yusnia, agar kegiatan lebih menarik dan tidak membosankan, panitia akan mengemas sedemikian rupa dengan konsep camping ground di halaman tengah kampus Politeknik Banjarnegara. “Panitia sudah berkoordinasi dengan pihak sekolah, diharapkan setiap sekolah dapat mengirimkan perwakilannya dalam kegiatan tersebut,” katanya.

Dalam kegiatan tersebut para peserta akan diberikan materi dan beberapa pelatihan singkat seperti konservasi dan pembuatan media tanam hidroponik, penanganan masalah limbah, diskusi serta tanya jawab seputar permasalahan lingkungan di Banjarnegara dan beberapa kegiatan pendukung lainnya. “Kami akan hadirkan narasumber yang memang berkompeten di bidangnya, diantaranya adalah dosen Politeknik Banjarnegara,” katanya.

Ditambahkan Yusnia, selain melibatkan civitas akademika Politeknik Banjarnegara, kegiatan tersebut juga akan dihadiri dinas terkait dan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Banjarnegara.

Ketua Ligarapala, Yayat Kusmianto mengatakan selain beberapa materi tentang lingkungan hidup, peserta juga akan dibekali dengan wawasan ke-pecinta alaman. “Ligarapala sebagai salah satu organisasi pecinta alam di Banjarnegara akan terus bergerak dalam bidang lingkungan, sosial dan kegiatan alam termasuk melakukan berbagai upaya untuk menyelamatkan lingkungan hidup,” kata Yayat.

Pembina UKM Pecinta Alam, Tri Suryantoro, S.KM mengatakan melihat kecenderungan kerusakan lingkungan hidup yang terjadi saat ini, Politeknik Banjarnegara sebagai salah satu Perguruan Tinggi di Banjarnegara merasa perlu melakukan berbagai kegiatan untuk menumbuhkan kepedulian kepada lingkungan, salah satunya dengan menggandeng para pemuda dan elemen-elemen yang terkait. Terlebih lagi Politeknik Banjarnegara memiliki Program Studi (Prodi) yang memang berkaitan erat dengan lingkungan hidup yaitu Prodi Kesehatan Lingkungan dan Agroteknologi. “Melalui UKM Pecinta Alam, kami ingin mengajak generasi muda untuk terlibat secara nyata dalam kegiatan pelestarian lingkungan hidup, khususnya di Kabupaten Banjarnegara,” tegasnya.

Dari kegiatan tersebut dirinya berharap banyak manfaat yang bisa diambil oleh para peserta dalam melakukan sebuah upaya perubahan, pendidikan, kerjasama serta untuk menghasilkan kader-kader pemuda yang peduli dengan lingkungan hidup di Banjarnegara pada khususnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *