PEDULI SESAMA MELALUI DONOR DARAH DI POLIBARA

SAM_0853Donor darah merupakan 2 kata yang simple tapi ketika hal ini diwujudkan menjadi sebuah tindakan pasti akan berbagai pendapat akan muncul, mungkin ada beberapa yang akan menyimpulkan bahwa kegiatan ini merupakan hal yang paling menakutkan karena berhubungan dengan jarum. Kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya donor darah membuat banyak orang menolak dengan berbagai alasan, padahal hal ini sangat berguna untuk menggugah kepedulian orang terhadap sesama. Sehingga muncullah ide dari Civitas Akademika untuk melakukan kegiatan Donor Darah Rutin Anggota Korps Suka Rela PMI (KSR) Politeknik Banjarnegara kerjasama dengan PMI Cabang Banjarnegara. Ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan tiap bulan, dengan tujuan: Membangun silaturahmi antar warga dengan civitas, mendorong kepedulian masyarakat tentang pentingnya ketersediaan darah, memfasilitasi pendonor untuk mendonorkan darahnya, dan memberi edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya donor.
Pada kesempatan kali ini donor darah yang dilaksanakan hari Sabtu 21 Juni 2014 pukul 09.00 – 12.00 WIB, menjadi satu rangkaian Agenda Kegiatan Dies Natalis VI Politeknik Banjarnegara. Sebagai Ketua pelaksana kegiatan tersebut adalah mahasiswa kebidanan semester 2 (Linda Rubiati). Donor darah dilaksanakan di bawah gedung Direktorat dengan Tema “Setetes Darah Anda Bukti Kasih Sayang” dihadiri kurang lebih oleh 35 pendonor.
Tanggapan positif terhadap kegiatan donor darah bermunculan. “Buat saya donor itu menyehatkan dan mengasah kepedulian saya sebagai makhluk sosial” kata Candra salah satu mahasiswa Agroteknologi. Bapak Purnomo salah satu pegawai PMI juga mengucapkan terima kasih kepada tim KSR Politeknik yg mengadakan acara ini, dengan harapan jumlah peserta terus bertambahselain itu kegiatan donor darah dapat dilakukan melalui bekerja sama dengan instansi lain. Selain itu juga ucapan terima kasih disampaikan oleh Ketua Dies Natalis VI Politeknik Banjarnegara (Eko Apriliyanto, SP, M.Sc) kepada pihak sponsorship yaitu PT.Indonesia Power, Korp Suka Rela (KSR), PMI Banjarnegara serta para pendonor yg berpartisipasi dalam kegiatan ini, bahwa donor darah adalah kegiatan dies natalis, dlm bentuk kepedulian kepada masyarakat setelah kemarin ada penghijauan utk masyarakat Sigaluh, Rakit, Kebakalan dan Sirkandi, kemudian pembagian sembako untuk masyarakat Kenteng, selanjutnya kegiatan donor darah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *